fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

Cara Mudah Mengenalkan Indonesia pada Anak

Baru saja kita merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-72. Namun, sudahkah Anda mengenalkan sejarah dan budaya Indonesia kepada anak? Sebenarnya, tidak sulit, kok, mengenalkan Indonesia dan keberagamannya kepada anak sejak dini dengan cara menyenangkan. Simak beberapa cara berikut ini, yang bisa Anda coba terapkan kepada anak;

Lewat Lagu
Menurut ahli pendidikan di bidang musik dari Johann Wolfgang Goethe University di Frankfurt, Jerman, Prof. Dr. Hans Gunther Bastian, selain menghibur, menyanyikan lagu juga dapat mencerdaskan otak anak. Tak hanya itu, menurut penelitian yang ia lakukan, alunan lagu akan menghilangkan rasa tegang, membuat suasana menjadi lebih menyenangkan, sehingga tidak menghambat dalam menerima stimulasi, terutama jika dikenalkan sejak kecil.

Alunan lagu anak-anak karya Pak Kasur dan Ibu Sud, misalnya, juga bisa menjadi media yang menyenangkan bagi anak untuk mengenal lingkungan sekitarnya.  Melalui syair-syair sederhana, Anda bisa menjelaskan kepada si kecil mengenai makna dan pesan-pesan positif yang terkandung di dalamnya. Ajarkan anak tentang Indonesia melalui alunan lagu di waktu senggang, seperti ketika hendak tidur, saat menemani si kecil belajar, bahkan sambil makan bersama di meja makan.
Lewat Mainan
Kenalkan anak pada Tanah Airnya lewat 1-2 mainan tradisional sesuai umur. Misalnya mobil-mobilan dari kulit jeruk Bali untuk si batita, atau congklak untuk usia prasekolah.  Ajarkan ia pelan-pelan cara bermainnya, dan “promosikan” bahwa semua anak Indonesia musti kenal main Congklak atau Kelereng untuk anak laki-laki dan Bekel untuk anak perempuan.

 

Lewat Cerita
Selain mendongeng Cinderella, The Little Mermaid, Lion King dan kisah-kisah fiktif lain,  mulai sekarang  kenalkan si kecil kepada cerita rakyat,  seperti Timun MasGatot Kaca, berbagai macam karakter pewayangan,  dan kisah lain dari berbagai daerah di tanah air.  Sebagai sumber cerita, selain buku, Anda juga dapat mengunduh aplikasi Cerita Rakyat Indonesia di Google Play Store, secara gratis.

Berceritalah dengan menarik, suara jelas, intontasi dan ekspresi wajah sesuai cerita, yang akan membuat anak terpesona. Cerita-cerita itu, akan ia ingat hingga dewasa, seperti Anda mengingat dongeng-dongeng yang diceritakan orang tua Anda dulu.

Lewat Tempat Wisata
Ajak si kecil ke museum, atau mengunjungi bangunan khas dari berbagai provinsi. Salah satu surga bangunan tradisional adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Di TMII anak bisa melihat, bahkan menyentuh  bangunan, pakaian, plus perlengkapan yang biasa digunakan oleh masyarakat dari berbagai provinsi di Indonesia itu.

Sedangkan salah satu museum menarik yang perlu Anda kunjungi adalah Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia di Bogor, Jawa Barat, yang memamerkan kekayaan alam Indonesia dari Sabang sampai Merauke, berupa tumbuhan yang bisa dikonsumsi, juga bisa dimanfaatkan untuk perlengkapan dapur, berburu, mainan, dan banyak lagi.

 

Lewat Makanan
Makanan Indonesia pertama yang bisa Anda kenalkan kepada anak adalah tempe! Selanjutnya, Anda bisa mengenalkan nasi uduk, lontong sayur, yang bisa diperoleh sehari-hari. Saat bepergian ke suatu kota, beri anak kesempatan mencicipi makanan khas. Cirebon punya empal gentong, Manado punya bubur, Yogya punya gudeg, Bogor punya tauge asap, dan banyak lagi. Mengenalkan anak kepada  beragam makanan Indonesia akan membuat ia terbiasa menjadi orang Indonesia.
Lewat Alat Musik
Selain mengenal irama dan alat musik, menurut Prof. Dr. Hans Gunther Bastian, mengajarkan anak melalui alat musik tradisional juga dapat melatih motoriknya. Terlebih, cara memainkan alat-alat musik tersebut sangat beragam. Hal itu akan membuat si kecil semakin penasaran untuk memainkannya. Dengan itu, anak jadi tahu, alat musik bukan hanya gitar atau piano, tapi ada yang khas Indonesia, seperti angklung atau kolintang.

Leave a Reply