Kelebihan Metode Pembelajaran di Luar Kelas

Kelebihan Metode Pembelajaran di Luar Kelas

Metode pembelajaran di luar kelas memiliki banyak manfaat untuk para siswa. Tak seperti belajar di dalam kelas, pembelajaran di luar bisa memberikan wawasan dan ilmu yang baru bagi para siswa. Berbagai metode pembelajaran pun bisa dicoba. Seperti mengajak anak untuk studi banding, outdoor learning, atau bahkan melakukan kegiatan outbound di alam atau di lapangan sekolah.

Anak bisa diajak untuk menjelajah berbagai tempat wisata edukatif, seperti museum, planetarium, tempat bersejarah, atau bahkan kebun binatang. Di sana mereka bisa menjelajahi tempat baru dan mempelajari hal-hal yang belum pernah mereka temui di kelas. Mereka juga bisa melatih berbagai soft skill yang mungkin belum mereka asah dalam pembelajaran di kelas.

Kelebihan yang Didapat dari Metode Pembelajaran di Luar Kelas

1. Belajar Serasa Bermain

Dengan melakukan pembelajaran di luar kelas, anak bisa merasakan sensasi belajar sembari bermain. Anak akan tertarik dan antusias dalam melakukan setiap kegiatannya. Misalnya bermain ketangkasan di luar kelas, belajar soal kerja sama dengan teman-temannya.

Tak hanya itu saja, jika dilakukan dengan mengunjungi beberapa tempat, anak bisa sekaligus berlibur sembari belajar banyak hal. Anak akan merasa pembelajaran yang ia lakukan sebagai sebuah liburan yang menyenangkan.

2. Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

Belajar di dalam kelas sering kali membuat anak bosan, jenuh, dan malas. Anak serasa terkungkum di dalam kelas dan tidak bisa bereksplorasi. Hal itu tentu membuat motivasi belajar anak turun. Guru harus bisa mengatasi masalah itu. Salah satunya dengan melakukan pembelajaran di luar kelas.

Metode ini bisa membuat motivasi anak untuk belajar meningkat. Anak akan lebih bersemangat sangat melakukan kegiatan di luar kelas. Bisa dengan kegiatan di alam, wisata edukasi, atau bahkan hanya bermain permainan di lapangan sekolah. Kegiatan ini tentu membuat anak bersemangat dan merefresh pikiran mereka.

3. Menambah Wawasan Anak

Satu kelebihan metode pembelajaran di luar kelas adalah wawasan anak akan bertambah. Anak tidak melulu memikirkan teori-teori pembelajaran yang ada di buku. Namun, mereka bisa melakukan hal itu secara nyata. Misalnya saat anak diajak untuk belajar soal alam sekitar. Anak yang awalnya hanya tahu lewat buku, bisa melihatnya secara langsung.

Selain wawasan soal alam, anak juga bisa menambah wawasan soal sejarah, budaya, bahkan soal ilmu sains. Misalnya jika anak di ajak ke museum, anak bisa menambah wawasannya seputar kejadian masa lalu, atau bisa juga belajar tentang kebudayaan.

Banyaknya manfaat dari metode pembelajaran di luar kelas membuat metode ini sangat perlu untuk diaplikasikan di sekolah. Bukan tanpa sebab, karena metode ini bisa sangat membantu anak untuk mengembangkan potensi dan juga meningkatkan motivasi belajarnya di kelas.

About the Author

on Apr 28, 2019

No Comments

Leave a Reply