fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

Sejarah Museum Ahmad Yani


Museum Sasmita Loka Ahmad Yani adalah salah satu museum pahlawan nasional yang terletak di jalan Lembang No. 58 dan jalan Laruharhari No. 65, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia. 
Dibangun sekitar tahun 1930-1940 an  pada saat pengembangan wilayah Menteng dan Gondangdia, semula gedung ini dipergunakan sebagai rumah tinggal pejabat maskapai swasta Belanda/Eropa pada tahun 1950-an dikelola oleh Dinas Perumahan Tentara, kemudian dihuni oleh Letjen Ahmad Yani sebagai perwira tinggi TNI AD dengan jabatan terakhir Menteri/Panglima Angkatan Darat RI. Rumah ini menjadi tempat bersejarah karena Letjen A. Yani dibunuh dan diculik oleh gerombolan Partai Komunis Indonesia pada tanggal 30 September 1965 yang kemudian dikenal dengan peristiwa pemberontakan Gerakan Satu Oktobersebelum akhirnya sekarang dijadikan museum.


Ada apa di Museum Ahmad Yani ?


Di Museum Ahmad Yani kita dapat melihat semua peninggalan dari Letjen A. Yani semasa hidupnya. Dari mobil yang digunakan beliau, foto-foto militer beliau, dan semua dokumentasi semasa beliau hidup, dan juga terdapat dokumentasi rekontruksi penembakan dan penculikan oleh PKI beserta foto-foto pada saat pemakaman beliau. Tidak ada yang berubah dari kondisi rumah Letjen A. Yani, bahkan lubang peluru yang terletak di dinding ruang makan pun masih ada. Kondisi museum sangat dijaga dan dirawat dengan baik.

Penasaran bagaimana rumah bersejarah Letjen A. Yani ?
Yuk Join Us in the next Trip !

Museum Ahmad Yani

Leave a Reply