pentingnya studi banding

Pentingnya Studi Banding untuk Pelajar, Apa Saja Ya?

Pentingnya studi banding perlu diketahui, tidak hanya untuk pelajar, para praktisi pendidikan tetapi juga untuk para pelaku bisnis. Sebelum menerapkan kegiatan satu ini, perlu diketahui terlebih dahulu soal esensi dari studi banding. Secara keseluruhan, kegiatan studi banding memuat konsep sebagai kegiatan untuk meninjau dan melakukan evaluasi terhadap suatu objek atau tempat lain dengan milik sendiri.

Studi banding juga bisa diartikan sebagai riset terhadap suatu hal. Contohnya untuk sebuah infrastruktur dengan membandingkan infrastruktur di negara sendiri dan membandingkannya dengan insfrastruktur di negara lain. Dengan melakukan studi banding, anda bisa melakukan evaluasi dan memperbaiki kekurangan yang masih ada. Kegiatan ini juga memiliki beberapa manfaat, seperti apa?

Beberapa Hal Mengenai Pentingnya Studi Banding

1. Melihat dunia luar

Salah satu manfaat dari melakukan studi banding adalah anda bisa melihat dunia luar. Di mana hal itu bisa merubah pandangan anda terhadap suatu hal. Bergantung pada hal apa yang ingin anda lihat sebagai objek yang akan diriset. Dengan melakukan studi banding, secara tidak langsung anda akan mengetahui kekurangan yang dimiliki dan menemukan solusi untuk membuatnya menjadi lebih baik.

2. Mengakui keunggulan pihak lain

Dengan melakukan studi banding ke tempat lain, anda akan melihat beragam keunggulan dan juga banyaknya inovasi yang dilakukan oleh pihak lain sehingga hal itu bisa membuat anda belajar untuk mengakui keunggulan pihak lain. Manfaat lain dari hal ini adalah anda tidak akan mudah untuk berpuas diri dan juga memacu semangat untuk melakukan hal yang lebih baik.

3. Sebagai motivasi

Anda juga akan terpacu untuk melakukan perubahan atau termotivasi untuk berkembenag menjadi lebih baik. Melakukan studi banding akan membuat anda sadar akan banyaknya kekurangan yang sebetulnya bisa diperbaiki dan bisa ditingkatkan lagi menjadi lebih baik. Kegiatan studi banding ini secara tidak langsung akan membawa perubahan pada pola pikir.

4. Membangun relasi

Dengan melakukan kegiatan studi banding, anda juga akan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk menjalin relasi dengan banyak pihak. Keuntungan dari membangun relasi sendiri juga bermacam-macam. Anda bisa mendapat manfaat dengan mengenal banyak pihak yang tentunya juga bisa membantu berbagai hal yang anda perlukan untuk meningkatkan kemajuan di pihak anda.

5. Ajang refreshing yang menguntungkan

Studi banding juga bisa disebut sebagai ajang refreshing yang menguntungkan. Kenapa bisa disebut menguntungkan? Karena di samping bisa disebut sebagai ajang jalan-jalan, studi banding juga memberikan banyak ilmu dengan mempelajari banyak hal dari tempat dan orang baru.

Di atas adalah beberapa hal dari pentingnya studi banding untuk dilakukan. Anda bisa merasakan lebih banyak hal sebagai pengalaman yang berharga. Selain kelima hal di atas, dengan melakukan kegiatan studi banding ke tempat yang berbeda.

About the Author

on May 06, 2019

No Comments

Leave a Reply