fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
Pentingnya Study Tour untuk Siswa

Kegiatan studytour adalah aktivitas di luar ruangan kelas yang memiliki tujuan untuk belajar mengenai proses suatu hal secara langsung. Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh sekolah sekali dalam satu tahun. Selain menjadi saran belajar para siswa, kegiatan ini menjadi sebuah kegiatan berekreasi. Proses belajar dalam kegiatan ini berbeda karena para murid akan mengunjungi obyek secara langsung.

Proses belajar mengenai teori-teori di dalam kelas memiliki banyak perbedaan dibandingkan belajar tentang sebuah teori sambil melihat langsung obyek dari teori tersebut. Hal itulah yang menyebabkan banyak instansi Pendidikan yang menyelenggarakan kegiatan tersebut. Selain memiliki kesan menarik, tetapi juga anda akan mendapatkan berbagai manfaat dari kegiatan ini.

Manfaat Kegiatan Study Tour

1. Memberikan Pengalaman yang Tidak Ditemukan Di Kelas

Tidak semua hal mengenai proses belajar dapat dihadirkan dalam sebuah kelas. Hal ini merupakan peran penting aktivitas tersebut karena dengan kegiatan ini dapat memecahkan masalah dengan bertemu langsung dengan obyek penelitiannya.

2. Memberikan Sumber Informasi Secara Langsung

Membaca buku saja tidak akan cukup untuk memahami sebuah permasalahan. Siswa pasti akan merasakan kebosanan dan tidak dapat meresap penjelasan yang ada dalam buku. Dengan aktivitas ini siswa dapat terjun langsung ke lapangan untuk melihat obyek-obyek pembelajaran dan pembelajaran akan mudah dimengerti. Murid akan mendapatkan informasi secara faktual, karena langsung bertemu dengan sumber pembelajaran.

3. Memiliki Pengalaman Menarik

Proses belajar seperti ini akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi para murid. Selain mendapatkan ilmu, murid juga akan mendapatkan pengalaman baru yang dapat menjadi bekal pembelajaran ke jenjang selanjutnya.

4. Meningkatkan Minat Belajar

Dengan melakukan kunjungan-kunjungan ke suatu lokasi obyek tertentu yang memiliki nilai pembelajaran dapat membuka wawasan para murid yang bisa ditemukan secara langsung. Dengan itu minat belajar akan meningkat karena murid mendapatkan kesan belajar yang berbeda.

5. Meningkatkan Kesadaran Terhadap Lingkungan

Jika anda melakukan proses belajar di luar ruangan kelas maka akan bertatapan langsung terhadap alam sekitar. Murid akan melakukan pengamatan mengenai obyek yang ada dalam lingkungan agar lebih mengenal karakteristik dan hal lain yang berhubungan dengan obyek penelitian.

6. Menumbuhkan Minat Dalam Bidang Masing-masing

Dengan adanya kegiatan study tour, murid akan mengenal lebih luas tentang dunia. Siswa akan lebih banyak mengenal bidang-bidang dalam Pekerjaan dan rutinitas masyarakat luas. Hal itu akan menumbuhkan dan mempertajam cita-cita yang diinginkan. Orang-orang baru yang ada di sekitar lingkungan akan membuka wawasan baru untuk menambah pengetahuannya.

Di Indonesia memiliki banyak obyek-obyek wisata yang memiliki nilai pembelajaran yang bisa menjadi rekomendasi. Hal itu dapat anda manfaatkan untuk memperoleh manfaat seperti yang disebutkan di atas. Study tour tidak hanya sebagai sebuah perjalanan saja, melainkan sebuah perjalanan untuk mempelajari sebuah hal baru untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Leave a Reply