fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

Rumah Tjong A Fei : Wisata Edukasi di Medan

Rumah Tjong A Fei atau Tjong A adalah salah satu destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi saat berlibur ke Sumatera Utara. Sesuai judulnya, destinasi wisata ini memang cocok dikunjungi oleh anak sekolah. Mengingat memiliki sisi edukasi yang sangat tinggi yang mengulas Sumatera Utara, khususnya Medan. Tidak heran banyak yang merekomendasikannya sebagai tempat wisata yang harus Sobat WS kunjungi.

Memang nama Tjong A Fei tidak bisa dipisahkan dengan sejarah Kota Medan. Pria yang lahir tahun 1890 ini dikenal sebagai sosok yang sangat dermawan karena sebagai donator pembangunan gedung penting yang ada di Medan. Tidak terkecuali Istana Maimun yang berada di Desa Sukaraja, Medan Maiumun. Tjong A Fei sendiri adalah sosok bankir dari Guangdong, Tiongkong.

Semenjak merantau di Medan pada tahun 1875 silam, dia membangun sebuah bisnis perkebunan besar, meliputi pabrik gula, kelapa sawit, perusahaan kereta api. Dari bisnisnya tersebut ia mampu menyerap 10.000 karyawan. Dari jasa-jasanya inilah tidak heran Medan tidak  bisa dipisahkan dari namanya.

Mengenal Lebih Jauh Seputar Wisata Rumah Tjong A Fei

Mengenal Lebih Jauh Seputar Wisata Rumah Tjong A Fei

Tjong A Fei di Medan menempati sebuah rumah klasik yang hingga sekarang masih berdiri kokoh menghiasi Medan. Lokasi rumahnya berada di kawasan Jalan Ahmad Yani yang masuk kedalam kompleks kota tua kesawan, di lokasi rumah ini ada banyak sekali peninggalan Tjong A Fei dan keluarga yang masih terawat hingga sekarang. Berikut keunikan tempat wisata edukasi ini:

  1. Rumahnya merupakan bangunan bertingkat yang memiliki gaya arsitektur campuran China Tingkok Arab Melayu Deli dan Eropa. Bangunan yang berdiri kokoh tersebut cocok sebagai contoh bangunan untuk arsitektur muda yang ada di Sumatera Utara atau Medan Khususnya.
  2. Didalam rumah yang dibangun tahun 1895 tersebut juga unik dan mempesona. Anda bisa melihat motif bangunan yang apik dan menyenangkan jika dilihat. Pengunjung akan dibawa pada zaman nostalgia khas Eropa yang begitu jelas terlihat. Ruangannya masih penuh dengan pernak-pernik yang masih asli berupa lantai, kusen hingga perabotan lainnya
  3. Sedikitnya Anda bisa menemukan 1300 perabotan barang antik yang masih tersimpan rapi di dalam rumahnya tersebut. Contoh perabotan antik yang tersimpan bisa Anda temui di ruangan makan, ranjang yang berukiran khas Yunani, lemari, koran terbitan 1921 hingga pakaian yang tersimpan. Bahkan Anda juga bisa menemukan botol minuman anggur pabrikan Tjong A Fei yang terpampang jelas.

Karena ruangan rumah milik A Tjong A Fei yang dijadikan sebagai rumah wisata ini cukup luas, setidaknya ruangan dibagi menjadi 3 bagian utama. Ruangannya terdiri dari ruangan inti yang berada di tengah, ruangan di sayap kiri dan juga ruangan yang letaknya ada di sayap kanan. Bagi Sobat WS yang berkunjung nampaknya tidak bisa berkunjung ke sayap kanan tanpa izin.

Pasalnya ruangan tersebut masih dipakai oleh keluarga Tjong A. Termasuk ruangan khusus yang ada di lantai 1 dan 2 di ruangan utama. Ruangan tersebut juga tidak bisa dikunjungi karena merupakan ruangan khusus sembahyang. Ketika berkunjung Sobat WS juga bisa melihat ratusan foto sebagai saksi bisu perjalanan Tjong A Fei yang ada didinding.

Itulah sedikit informasi seputar rumah Tjong A Fei yang merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang bisa Anda kunjungi di Kota Medan. Tenang karena tempat wisata ini berada di pusat kota. Sobat WS juga bisa loh mengikuti program #TripWisataBebasCemas bersama wisatasekolah.com Jadi Sobat WS tidak perlu kebingungan ketika akan berkunjung!

Leave a Reply