fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
Wisata Sekolah

Dunia pendidikan senantiasa mengalami perkembangan. Dari yang sifatnya serba manual dan sebatas dilakukan di ruang kelas, kini sudah merambah ke digital dan mulai keluar dari kelas. Salah satu wujud perkembangan metode pendidikan di sekolah saat ini adalah adanya wisata sekolah. Untuk menjalankan program wisata sekolah, banyak lembaga pendidikan yang menggunakan School Trip Organizer.

Apa Itu School Trip Organizer?

School Trip Organizer merupakan sebuah perusahaan atau industri terbaru di dunia pariwisata. Dimana, industri ini memiliki peran yang sangat penting di dalam menjalankan wisata edukasi untuk sekolah. School Trip Organizer menawarkan aneka program dan rancangan kegiatan kunjungan wisata edukasi.

Adapun sasaran dari School Trip Organizer sendiri sangat beragam, tidak hanya bagi kalangan murid di sekolah, namun juga untuk tenaga pendidik, komunitas hingga universitas. Di antara program dari School Trip Organizer adalah kunjungan-kunjungan, field trip, study tour dan masih banyak lagi yang lainnya.

Fungsi dan Manfaat School Trip Organizer

School Trip Organizer memiliki manfaat yang sangat beragam, khususnya bagi kalangan siswa. Salah satu faktornya adalah karena program yang ditawarkan benar-benar mampu meningkatkan kualitas peserta didik. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat dari School Trip Organizer saat ini.

1. Memberikan Pengalaman yang Baru untuk Siswa

Manfaat atau fungsi yang pertama dari School Trip Organizer adalah memberi suatu pengalaman yang baru untuk siswa. Dimana ketika siswa tersebut keluar dari lingkungan sekolah dan kelas, mereka akan cenderung mempelajari aneka ide, profesi dan juga peluang yang baru. Bahkan, cita-cita yang sebelumnya tidak diimpikan, menjadi hal yang ingin dikejar oleh siswa.

Sehingga, adanya School Trip Organizer ini akan membantu memperkenalkan kepada siswa mengenai peluang kerja yang mungkin belum terbayangkan sebelumnya. Dengan demikian, minat dan cita-cita siswa akan lebih terdorong dengan semangat yang baru.

2. Siswa dapat Belajar dengan Praktik Langsung

Selain memberikan pengalaman yang baru kepada siswa, School Trip Organizer juga memungkinkan siswa untuk memperoleh kesempatan untuk praktik secara langsung. Dan ini akan lebih menarik dibandingkan dengan pembelajaran di sekolah. Sebagai contoh, ketika saat berkunjung ke tempat bersejarah seperti candi-candi atau musem tertentu.

Dengan berkunjung secara langsung ke candi atau musem tersebut, siswa dapat bersentuhan secara langsung. Hal ini memungkinkan mereka untuk semakin memahami materi yang sedang dipelajari dibandingkan saat belajar di ruang kelas. Mereka pun akan semakin mudah mengingat serta menghafal materi tersebut tanpa harus terlalu banyak mengulang hafalan.

3. Siswa Akan Memiliki Pemahaman yang Baik Mengenai Pentingnya Belajar

Adapun manfaat yang berikutnya dari School Trip Organizer adalah memberikan pemahaman yang lebih baik kepada siswa. Khususnya dalam hal pentingnya belajar. Seringkali guru mengalami masalah dengan siswa-siswanya yang memiliki minat belajar kurang. Hal ini disebabkan karena siswa terkadang tidak memahami bahwa belajar adalah hal yang sangat penting.

Oleh sebab itu, adanya School Trip Organizer mendorong para siswa untuk melihat penerapan dari mata pelajaran yang dipelajari dalam kehidupan nyata. Dengan demikian, siswa akan lebih menyadari bahwa apa yang mereka pelajari di sekolah adalah sesuatu yang penting dan dapat membantu mereka mewujudkan cita-citanya.

4. Menguatkan Pelajaran di Dalam Kelas

Manfaat berikutnya dari School Trip Organizer adalah dapat menguatkan dan memantapkan pelajaran yang telah disampaikan di dalam kelas. Tidak hanya tentang sejarah kerajaan, peninggalan candi, sejarah Islam dan lain sebagainya. Namun juga tentang materi sains dan berbagai materi yang lain seperti matematika dan biologi.

Semua topik yang disampaikan akan dapat dipahami secara baik dan terstruktur. Sehingga, kemampuan intelektual siswa pun menjadi semakin meningkat.

5. Merangsang Keingintahuan Siswa

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, School Trip Organizer juga dapat membantu merangsang rasa ingin tahu tiap-tiap siswa. Sesuatu hal yang baru dan menarik di lingkungan yang baru, secara otomatis mendorong siswa untuk mengetahui hal tersebut dengan lebih mendalam. Mereka pun akan mulai menggunakan cara pribadi mereka sendiri untuk mendapatkan hal tersebut.

Hal ini akan dapat melatih siswa untuk memproses pembelajaran secara lebih mandiri dibandingkan dengan saat di ruang kelas. Sehingga, selain siswa lebih kaya informasi, guru juga akan lebih mudah karena tidak perlu terlalu panjang lebar di dalam menjelaskan.

6. Melatih Siswa Memberikan Layanan untuk Orang Lain

School Trip Organizer atau wisata sekolah memberikan manfaat yang sangat baik kepada setiap siswa untuk lebih bekerja secara mandiri, namun mampu memberikan layanan dan bantuan untuk orang lain. Di samping itu, siswa juga akan belajar untuk bekerja di dalam tim. Misalnya saat proses permainan tertentu. Mereka akan terdorong untuk memberikan bantuan dan bekerja sama dengan teman lainnya.

School Trip Organizer ini sangat penting dalam membentuk kepedulian dan kepekaan siswa kepada orang lain. Baik yang ia kenal maupun yang tidak dikenal. Hal ini mendorong siswa untuk belajar makna kehidupan yang sesungguhnya.

Keunggulan Memilih School Trip Orgaizer

Program dan konsep yang ditawarkan oleh School Trip Organizer bukanlah program yang biasa. Terlebih jika dikaitkan dengan wisata. Oleh karena itu, ada beragam keunggulan yang ditawarkan oleh School Trip Organizer ini. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Pembelajaran Lebih Menyenangkan

Keunggulan pertama dari School Trip Organizer adalah mejadikan pembelajaran siswa di luar kelas menjadi lebih menyenangkan. Harus diakui bahwa ada kalanya siswa merasa bosan dan jenuh dengan pembelajaran di dalam kelas. Sehingga, wisata sekolah atau field trip akan sangat baik untuk memunculkan proses belajar yang nyaman dan menyenangkan.

2. Proses Belajar Praktis, Mudah dan Tidak Membebani

Selain pembelajaran lebih menyenangkan, proses belajar juga akan semakin praktis. Dimana guru tidak perlu repot menyiapkan media belajar, praktikum dan sebagainya. Cukup dengan membawa anak mengikuti wisata edukasi yang ditawarkan oleh School Trip Organizer. Di samping itu, proses belajar dengan cara ini tidak hanya akan memudahkan guru, namun juga tidak membebani murid.

3. Efektif dalam Membentuk Karakter Siswa

Tidak hanya itu, School Trip Organizer adalah pilihan yang tepat untuk memaksimalkan pendidikan karakter untuk siswa. Ada banyak sisi positif berkaitan dengan karakter yang akan didapatkan dari mengikuti kegiatan semacam ini. Di antaranya adalah melatih siswa untuk memahami semua yang ada dengan mandiri, mendorong siswa untuk peduli dan lain sebagainya.

4. Kualitas Pendidikan Lebih Meningkat

Adapun keunggulan lain dari School Trip Organizer adalah meningkatkan kualitas pendidikan. Tentu saja pendidikan untuk semua tingkatan. Dari yang paling bawah hingga tingkat perguruan tinggi. Karena pendidikan yang baik sesungguhnya tidak hanya pendidikan yang didapat di dalam kelas. Namun, memperkenalkan siswa ke dalam kehidupan nyata juga sangat penting.

Objek School Trip Organizer

Scholl Trip Organizer memiliki beragam objek menarik yang cocok untuk mengedukasi siswa dengan semua tingkatan. Dimana masing-masing objeknya memiliki fungsi dan tujuan tersendiri untuk proses pendidikan. Berikut ini adalah beberapa objek dari School Trip Organizer yang akan menjadi wisata edukasi terbaik untuk para siswa.

1. Aneka Museum

School Trip Organizer menjadikan musem sebagai salah satu objek menarik untuk media pembelajaran. Ada banyak musem yang tersedia, baik itu musem yang sifatnya nasional atau internasional. Di antara jenis museum yang akan dituju adalah musem sains, museum satwa, museum angkot dan masih banyak lagi musem yang lain sebagai sarana edukasi.

2. Taman Bermain

Objek School Trip Organizer yang selanjutnya adalah beragam taman bermain. Taman bermain adalah tempat yang cocok untuk field trip dan wisata edukasi. Khususnya bagi anak usia kanak-kanak dan sekolah dasar. Di dalamnya, bisa diadakan aneka permainan menarik yang dapat mendorong kemampuan dan peningkatan saraf peserta didik.

3. Wisata Alam atau Kebun Raya

Selain kedua objek yang telah disebutkan di atas, School Trip Organizer juga menjadikan wisata alam sebagai tujuan terbaik. Memperkenalkan lingkungan alam sangat penting dalam pendidikan. Salah satu alasannya adalah karena persentuhan antara siswa dengan alam akan menunjukkan kepadanya bahwa alam sangat kaya dan harus dijaga serta dilestarikan.

4. Instansi Pemerintah

Adapun objek School Trip Organizer yang selanjutnya adalah instansi pemerintah. Dari sisi dapat dimaknai bahwa perusahaan di bidang wisata sekolah tidak hanya memfokuskan diri kepada wisata, namun juga lembaga lain yang penting di negeri ini. Contoh sederhananya adalah instansi pemerintah. Dengan begitu, siswa akan tahu bahwa negara ini dijalankan oleh sistem.

5. Kebun Binatang

Selain memperkenalkan alam, School Trip Organizer juga menjadikan kebun binatang sebagai objeknya. Di dalam kebun binatang, terdapat aneka satwa yang berasal dari berbagai negara. Ini akan mendorong mereka untuk belajar secara langsung. Tidak hanya sekedar mengetahui nama-nama hewan, namun juga ciri-ciri beserta sejarahnya.

6. Peninggalan Sejarah

Adapun objek School Trip Organizer berikutnya adalah berbagai peninggalan sejarah. Baik itu sejarah agama ataupun sejarah bangsa Indonesia. Mulai dari candi-candi, bangunan peninggalan sejarah, makam-makam dan masih banyak lagi yang lainnya. Objek peninggalan sejarah ini akan mengajarkan kepada para siswa untuk semakin memahami kekayaan bangsa Indonesia.

7. Rumah Sakit

Selain beberapa objek yang telah disebutkan di atas, wisata sekolah juga terkadang juga menjadikan rumah sakit sebagai objek untuk study tour. Di rumah sakit, siswa akan memahami betapa pentingnya seorang dokter dalam membantu menyembuhkan pasien. Di samping itu, hal ini juga melatih kepekaan siswa agar menyadari betapa pentingnya kesehatan.

8. Stasiun

Adapun objek School Trip Organizer yang lain adalah stasiun dan berbagai tempat transporasi umum yang lain. Hal ini sangat penting karena siswa dapat mengetahui betapa pentingnya peran transportasi umum dan semua komponen di dalamnya untuk kelancaran kehidupan ini.

9. Pusat Pengembangan Bisnis

Tidak hanya itu, objek lain dari School Trip Organizer / wisata sekolah adalah pusat pengembangan bisnis yang sangat cocok untuk dijadikan objek. Salah satu tujuannya adalah agar siswa dapat terdorong untuk menjadi entrepreneur yang suskes dan maju.

School Trip Organizer menawarkan suatu konsep baru di bidang pariwisata. Dimana antara arena bermain dipadukan dengan metode pembelajaran dan edukasi yang menyenangkan untuk siswa. Hal ini menjadi terobosan baru dalam dunia pendidikan yang akan menjadikan pendidikan semakin maju dan berkembang.

Leave a Reply