fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
belajar budaya sunda di saung angklung udjo bandung
Sumber : Instagram Saung Angklung Udjo (@angklungudjo)

 

Kata siapa belajar budaya tradisional itu ngebosenin? Saung Angklung Udjo jauh banget dari kata ngebosenin, malah pengen balik lagi! Kata “Angklung” yang disematkan sebagai nama tempat ini memang sangat mewakili budaya Sunda yang kental tiap kali berkunjung. Punya pegawai yang ramah dan berada di lokasi yang dikelilingi pohon, Saung Angklung Udjo menawarkan keramahan dan kehangatan khas Sunda pada tiap pengunjungnya.

Berlokasi di Bandung, Saung Angklung Udjo menjadi salah satu pusat pelestarian budaya Sunda yang sering didatangi turis lokal maupun asing. Bahkan, pembalap Marc Marquez pernah berkunjung dan belajar angklung disini, lho. Yuk, intip budaya Sunda yang kental di Saung Angklung Udjo!

 

Pertunjukan Wayang

Siapa sih yang nggak tau wayang? Jenis wayang di Indonesia  ada berbagai macam tergantung daerahnya. Di Jawa Barat, ada wayang yang populer banget lho, siapa lagi kalau bukan Wayang Cepot. Wayang cepot adalah jenis wayang golek dari tanah Sunda. Di Saung Angklung Udjo, pengunjung akan dihibur dengan pertunjukan jenaka yang penuh makna oleh Wayang Cepot dan teman-teman yang dibalut cerita jenaka yang penuh makna.

 

Pertunjukan Musik dengan Alat Musik Tradisional

Alat musik tradisional nggak kalah keren lho, dibanding alat musik modern yang kekinian. Saung Angklung Udjo membuktikannya dengan mengadakan pertunjukan musik yang menggunakan alat musik tradisional seperti Calung, Suling, Kecapi dan lain sebagainya. Lagu yang dimainkan juga macam-macam, mulai dari lagu tradisional Sunda sampai lagu Heal The World Michael Jackson dan Despacito! Hasilnya? Jauh lebih keren dan asik, dong.

 

Tarian Tradisional

Meskipun kental dengan budaya Sunda, Saung Angklung Udjo tetap membawa semangat persatuan. Hal ini tercermin dengan pertunjukkan tari tradisional yang nggak hanya menampilkan Tari Jaipong dari Jawa Barat aja, tapi juga Tari Topeng khas Betawi sampai Tari khas dari Papua. Pertunjukkan tari tradisional yang ditampilkan oleh anak-anak ini juga dilengkapi baju adat dari berbagai daerah Indonesia yang beraneka warna sehingga menambah kesan yang harmonis di tengah perbedaan.

 

Belajar Main Angklung

Haram hukumnya berkunjung ke Saung Angklung Udjo, tapi nggak nyobain bermain angklung. Saung Angklung Udjo menawarkan pengalaman seru untuk pengunjungnya dengan bermain angklung bersama-sama. Para pengunjung akan dapat angklung dengan nada yang berbeda dan belajar memainkan sebuah lagu dengan instruktur pembimbing. Harmonisasi angklung yang para pengunjung ciptakan bakal ngebuat kamu takjub, deh.

 

Tertarik berkunjung ke Saung Angklung Udjo? Yuk, rencanakan kunjungan wisata kamu dengan Wisata Sekolah! Hubungi kami di Instagram @wisatasekolah, WhatsApp di  0819 1083 1792 atau bisa juga melalui 021-7599 9969.

Leave a Reply