+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

Serunya Wisata Edukasi ke Jogjakarta Outing Class MAN 4 Jakarta

Pada tanggal 13-16 Maret 2023, sekitar 300 peserta dari MAN 4 Jakarta kelas 10 mengikuti perjalanan seru ke Yogjakarta untuk mengikuti wisata edukasi. Dalam perjalanan ini, peserta mengunjungi berbagai tempat menarik yang memadukan antara keindahan alam, sejarah, dan juga edukasi berdasarkan tema perjalanan yang sudah ditentukan, yaitu tentang Global Warming, Kebhinnekaan, dan Kewirausahaan. Berikut ini adalah rangkuman dari perjalanan seru MAN 4 Jakarta Outing Class ke Yogjakarta

Day 1 : Selasa, 14 Maret 2023

Perjalanan menuju ke Magelang

Perjalanan dimulai dari keberangkatan pada hari Senin, 13 Maret 2023, di sekolah MAN 4 Jakarta jam 22.00 WIB menggunakan 6 unit bus. Pada hari Selasa, 14 Maret 2023, peserta  tiba di Magelang setelah melakukan perjalanan selama sekitar 9 jam. Di sana, peserta  mengunjungi Orangutan Restaurant untuk sarapan pagi sekaligus istirahat sejenak dan bersih-bersih.

Desa Wisata Candirejo

Setelah itu, peserta  melanjutkan perjalanan menuju Desa Wisata Candirejo, Magelang. Di sana, peserta  melakukan check-in dan ramah tamah dengan pemilik homestay sebelum melanjutkan acara wisata edukasi.

Pengenalan Tanaman Tumpang Sari dan Praktik Home Industry Slondok

Setelah istirahat dan makan siang, peserta  mengunjungi kebun tempat dimana pengenalan tanaman tumpang sari (cabut singkong) dan praktik home industry slondok di rumah warga lokal. Hal ini bertujuan untuk memberikan wawasan peserta mengenai efek global warming pada perkebunan singkong. Kegiatan ini juga mengenalkan peserta tentang pengolahan singkong pada industri rumahan yang berhubungan dengan tema kewirausahaan.

Pertunjukan Kesenian

Malam harinya, peserta  menikmati makan malam di Pendopo Candirejo sebelum menyaksikan pertunjukan kesenian. Pertunjukan ini merupakan salah satu kesempatan bagi peserta untuk lebih mengenal seni dan budaya yang ada di Desa Wisata Candirejo.

Day 2 : Rabu, 15 Maret 2023

Jalan Pagi di Desa Wisata Candirejo

Pagi hari, peserta melakukan aktivitas fun trekking berkeliling desa dan menuju ke pasar tradisional. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi peserta untuk lebih mengenal kehidupan masyarakat lokal dan mempererat hubungan antara peserta dengan masyarakat setempat yang salah satu aktivitasnya yaitu dengan melalui kegiatan transaksi di pasar tradisional.

Membuat Gerabah dan Sapu Lidi

Setelah kembali ke homestay masing-masing untuk sarapan, peserta  melakukan praktik membuat gerabah dengan teknik tradisional lalu dilanjutkan dengan istirahat sejenak dan makan siang. Selanjutnya, peserta  melakukan praktik membuat sapu lidi dan kembali ke homestay untuk persiapan dan berpamitan pada pemilik homestay.

Upacara Penutupan di Desa Candirejo

Acara di Desa Candirejo diakhiri dengan upacara penutupan dari pihak sekolah dan pengurus desa disertai dengan pemberian kenang-kenangan dari pihak sekolah sebelum peserta melanjutkan perjalanan ke Svargabumi, Magelang, untuk melihat hamparan sawah yang indah. Setelah itu, peserta melanjutkan perjalanan menuju Kaliurang, Yogyakarta.

Makan malam disajikan di Jejamuran Resto, kemudian peserta menuju ke hotel untuk check-in di The @K Hotel Kaliurang dan beristirahat.

Day 3 : Kamis, 16 Maret 2023

Jeep Tour di Pantai Parangtritis

Hari keempat di Yogjakarta, peserta bersiap-siap untuk melakukan perjalanan menuju kawasan Pantai Parangtritis. Di kawasan ini, peserta  diajak untuk menjajal Jeep Tour Pantai Parangtritis yang melintasi pantai Karang, Icon Parangtritis, Gumuk Pasir, dan Cemoro Sewu. Pengalaman seru ini menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi peserta.

Kembali Pulang

Setelah itu, peserta  melanjutkan perjalanan untuk singgah di Pusat Oleh-oleh khas Yogyakarta lalu ke Kenes Travel Spot untuk makan siang dan istirahat sejenak sebelum memulai perjalanan kembali menuju Jakarta.

Sesampainya di Jakarta, perjalanan Outing Class X MAN 4 Jakarta ke Yogjakarta  resmi berakhir. Peserta  kembali ke rumah masing-masing dengan membawa pengalaman dan kenangan indah selama di Yogjakarta.

Perjalanan Outing Class X MAN 4 Jakarta bersama WisataSekolah ke Yogjakarta merupakan pengalaman yang sangat berkesan bagi para peserta. Wisata edukasi di Yogjakarta memberikan banyak manfaat, mulai dari meningkatkan pengetahuan hingga mempererat tali persaudaraan antarpeserta. Dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata edukasi di Yogjakarta, peserta dapat mengembangkan potensi diri dan merasakan pengalaman yang tidak terlupakan.

1 Response

Leave a Reply