fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

fieldtrip

Source : wisatasekolah.com

Fieldtrip merupakan salah satu metode pelajaran yang dilakukan diluar sekolah. Biasanya, para siswa akan diajak terjun langsung ke lapangan dan mengamati tempat-tempat tertentu yang tentunya menambah wawasan serta pengetahuan. Meski demikian, ada saja berbagai tipe siswa yang membuat guru geleng-geleng kepala, mulai dari serius hingga tingkah lucunya saat melakukan field trip. Lebih lengkapnya, yuk simak tipe-tipe anak yang sering ada saat fieldtrip dibawah ini!

 

 

  • Tipe Fokus Belajar dan Mengamati Hal Baru

 

Selain berwisata, anak tipe ini juga tetap memiliki keingintahuan yang tinggi terhadap hal baru. Biasanya, tipe fokus akan membawa buku catatan dan pulpen kemanapun agar bisa langsung mencatat apa yang ia amati dan tidak cepat lupa. Anak tipe ini sangat digemari para guru karena lebih tertib, sehingga kegiatan fieldtrip berjalan lebih kondusif. 

 

 

  • Tipe ‘Betah’ dan Menolak Pulang

 

Tak cukup puas karya wisata sambil belajar, tipe anak ini cukup betah hingga ingin berlama-lama di destinasi tujuan fieldtrip. Pasalnya, field trip biasanya hanya dilakukan setahun sekali saja. Memanfaatkan momen belajar diluar kelas serta keseruan bersama teman-teman baginya tak puas jika hanya sebentar saja. Eits, bagi kamu yang merasa tipe ini, jangan sampai ketinggalan rombongan, ya. 

 

 

  • Tipe Mabuk Perjalanan

 

Beberapa field trip memang biasa dilakukan hingga keluar kota yang menempuh jarak yang jauh serta waktu berjam-jam di perjalanan. Bukannya menikmati perjalanan sambil bernyanyi bersama teman, beberapa anak mungkin merasa pusing atau mual selama di bus. Hal itu membuat anak kurang dapat menyerap ilmu dari kegiatan field trip karena sudah lemas saat tiba di tempat tujuan. Namun, sebagai teman yang baik, kita bisa lho berusaha menghiburnya agar lupa dengan rasa pusingnya.  

 

 

  • Tipe Eksis di Sosial Media

 

Tipe ini mungkin paling sering dijumpai ya apalagi sudah hampir semua anak memiliki akun sosial media sendiri. Tak ingin kehilangan momen, beberapa anak terkadang fokus membuat video dan berfoto agar dapat update ke sosial media. Boleh boleh saja, kok, asal tetap perhatikan dan simak pelajaran saat fieldtrip, ya. 

 

 

  • Tipe Semangat Belanja Oleh-Oleh

 

Saat field trip, apa lagi diluar kota, ingin rasanya membawa buah tangan khas dari destinasi yang dikunjungi. Selain itu, membeli pernak-pernik yang kembar dengan teman dapat menjadi ide kenang-kenangan juga, lho. Tapi, tetap ingat menabung dan jangan sampai kalap ingin membeli semuanya, ya. 

Yuk, ajak teman-teman dan gurumu untuk melakukan kegiatan field trip, ya.  Bagi kamu yang sudah kangen field trip namun sedang situasi pandemi seperti ini, ada lho yang namanya virtual field trip yang dilakukan secara daring. Yuk, berwisata sambil belajar bersama Wisata Sekolah! Hubungi kami di Instagram @wisatasekolah, WhatsApp ke nomor 0819-1083-1792, atau nomor telepon 021-7599-9969. Sampai bertemu nanti, Sobat WS!

Leave a Reply