study tour ke universitas

Study Tour ke Universitas, Kemana Aja ya Bagusnya?

Study tour ke universitas menjadi salah satu agenda yang biasa dilakukan oleh Sekolah Menengah Atas atau SMA. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan universitas-universitas ternama di Indonesia kepada para calon mahasiswa dan mahasiswi. Study tour dengan mengunjungi universitas ternama akan memberikan gambaran kepada para siswa dan sisiwi tentang kehidupan perkuliahan.

Kegiatan study tour dengan mengunjungi berbagai universitas ternama biasanya dilakukan di tahun terakhir masa Sekolah Menengah Atas (SMA). Para siswa dan siswi tingkat akhir akan diajak untuk berkunjung dan berkeliling kampus dan mengamati apa saja yang ada di sana. Setiap kota atau provinsi di Indonesia memiliki universitas ternama yang bisa menjadi lokasi tujuan kegiatan study tour ini.

Pilihan Perguruan Tinggi untuk Study Tour ke Universitas

1. Jakarta

Ibu kota Indonesia, Jakarta memiliki sejuta pesona yang mampu memikat siapa pun, tak terkecuali dengan fasilitas pendidikannya. Sebagai kota besar, Jakarta memiliki banyak sekali sekolah ternama yang maju secara fasilitas dan juga kualitas. Salah satu universitas ternama di Jakarta adalah Universitas Indonesia.

Universitas Indonesia menjadi perguruan tinggi negeri yang mencetak banyak kaum intelektual yang sudah tak diragurakan lagi kualitasnya. Study tour dengan mengunjungi Universitas Indonesia akan memberikan pengalaman tersendiri bagi siswa dan siswi.

2. Bandung

Kota Bandung bukan hanya terkenal dengan kotanya yang sejuk tapi juga dikenal dengan pendidikannya yang maju. Banyak siswa dan siswi yang menjadikan kota Bandung sebagai tujuan ketika kuliah nanti.

Namun sebelum itu, untuk lokasi study tour universitas di Bandung, Institus Teknologi Bandung bisa dijadikan pilihan. Memiliki beragam program studi dan juga akreditasi yang baik membuat kampus yang kerap disapa ITB ini menjadi pilihan yang tepat.

3. Yogyakarta

Yogyakarta disebut sebagai kota pelajar karena miliki banyak sekali institusi pendidikan, baik yang negeri maupun swasta. Berkunjung ke Yogyakarta untuk study tour bisa mengunjungi Universitas Gadjah Mada. Universitas ini kerap menduduki peringkat teratas dalam jajaran universitas terbaik se-Indonesia.

4. Malang

Kota Malang juga bisa dikunjungi untuk study tour. Pilihan Universitas Brawijaya nampaknya bisa menjadi lokasi tujuan yang tepat. Universitas Brawijaya memiliki banyak program studi yang terakreditasi.

5. Surabaya

Kota Surabaya juga memiliki universitas terkemuka yang bisa dijadikan tujuan untuk study tour. Jika berkunjung ke Surabaya bisa mengunjungi Universitas Airlangga yang masuk ke dalam daftar universitas terbaik di Indonesia.

Memilih universitas yang akan dikunjungi untuk study tour bisa dipertimbangkan dari beberapa hal. Seperti kota tujuan, menimbang dari akreditasi terbaik, kelengkapan program studi, peringkat universitas dan sebagainya. Ada berbagai manfaat yang didapat dari study tour ke universitas, salah satunya adalah membuat para siswa dan siswi lebih memiliki gambaran soal kehidupan perkuliahan dan sebagai gambaran akan memilih jurusan apa nantinya.

About the Author

on Mar 09, 2019

No Comments

Leave a Reply