tempat wisata edukasi

Tempat Wisata Edukasi yang Menyenangkan untuk Siswa

Belajar tidak selalu tentang sekolah dan kelas. Belajar bisa dilakukan di mana saja, salah satunya di tempat wisata edukasi. Dengan mengunjungi berbagai wisata edukasi,siswa bisa mendapatkan banyak manfaat yang luar biasa. Bahkan manfaat ini hanya bisa di dapat dengan mengunjungi wisata edukasi saja, bukan dengan belajar di kelas.

Dengan mengajaknya datang ke wisata edukasi, siswa bisa menambah wawasannya. Wawasan siswa akan bertambah seputar sejarah, budaya, dan lain-lain. Tak hanya itu, siswa juga bisa meningkatkan softskillnya. Siswa bisa belajar tentang kemampuan bekerjasama, bertanggung jawab, ketangkasan, keuletan, dan lain-lain. Lantas apa saja wisata edukasi yang bisa dikunjungi?

Berbagai Tempat Wisata Edukasi yang Bisa Dikunjungi

1. Museum

Mengajak siswa pergi ke museum sangatlah bermanfaat. Siswa bisa mengenal berbagai hal yang tidak ia ketahui. Misalnya datang ke museum sejarah, siswa jadi tahu tentang perjalanan dan perjuangan orang di zaman dahulu. Siswa juga bisa tahu peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau.

Selain museum sejarah, Anda juga bisa mengajak siswa pergi ke museum budaya, museum karya seni, dan museum lain. Di museum budaya, siswa bisa mengetahui berbagai keanekaragaman yang dimiliki Indonesia. Sedang di museum karya seni, siswa bisa menambah wawasannya seputar seni, bisa museum lukis, museum patung, dll.

2. Kebun Binatang

Datang ke kebun binatang akan membuat siswa melihat secara langsung hewan-hewan yang mereka kenal lewat buku. Siswa bisa dengan mudah mengenal berbagai hewan yang ada di Indonesia. Tak hanya itu, mengajaknya ke kebun binatang bisa membuat siswa lebih menyayangi makhluk hidup.

Anak juga bisa menambah wawasan seputar satwa. Misalnya membandingkan mana saja hewan karnivora, omnivora, herbivora, dan lain-lain. Tentu ini akan memudahkan guru dalam memberikan pelajaran tentang hewan di kemudian hari.

3. Planetarium

Di planetarium, siswa akan belajar mengenal seputar alam semesta. Siswa juga bisa melihat bagaimana bentuk planet, bintang, dan proses yang ada di alam semesta. Siswa bisa belajar secara langsung tentang proses bumi mengelilingi matahari, proses meteor jatuh, dll. Pembelajaran ini selain bermanfaat juga memberikan pengalaman menarik untuk siswa.

4. Area Outbond

Mengajak siswa datang ke area outbond adalah pilihan menarik di hari libur sekolah. Selain bermain, siswa bisa banyak belajar di tempat ini. Siswa bisa belajar soal kerja sama, tanggung jawab, tolong menolong, ketangkasan, dan softskill lainnya.

Tak hanya itu saja, siswa juga bisa menikmati alam yang segar. Hal ini akan sangat berguna karena siswa bisa menyegarkan pikirannya yang mungkin bosan, lelah atau jenuh dengan sekolah. Kegiatan di area outbond akan membuatnya lebih bersemangat lagi saat nantinya kembali ke kelas.

Tidak ada salahnya mengajak anak pergi ke tempat wisata edukasi. Mereka bisa bermain sambil belajar di sana. Siswa bisa mendapatkan banyak hal baru sembari menyegarkan pikirannya yang jenuh atau bosan.

 

About the Author

on May 23, 2019

No Comments

Leave a Reply