fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
Liburan Keluarga - Tips Merencanakan Liburan Keluarga

Merencanakan liburan keluarga yang menyenangkan bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika Anda pergi berlibur bersama keluarga dengan anak-anak. Tentu banyak hal yang harus dipersiapkan dan direncanakan sebaik mungkin. Anda tidak menginginkan hal-hal negatif terjadi saat berlibur. Sebagian orangtua memiliki ketakutan sendiri jika pergi bersama anak-anak mereka.

Bagaimana jika anak-anak tidak menyukai liburannya? Bagaimana jika Anda kehabisan uang? Bagaimana jika anak-anak sakit saat berlibur? Bagaimana beradaptasi dengan makanan di daerah atau negara lain? Bagaimana jika Anda tersasar? Pertanyaan ini kerap kali muncul di benak ketika akan melakukan liburan. Begitu banyak rasa khawatir yang menghantui. Sebenarnya, tanpa Anda melakukan liburan pun, hal tersebut bisa saja terjadi. Anda hanya perlu mencegah hal tersebut terjadi ketika pergi liburan.

Tips Merencanakan Liburan Keluarga yang Menyenangkan :

1. Teliti dan pelajari

Ketika Anda memutuskan untuk berlibur ke luar kota yang baru pertama kali Anda kunjungi, lakukan pencarian terlebih dahulu. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai hal apa saja yang menarik di tempat tersebut. Tentu Anda tidak ingin melewatkan waktu selama di sana, bukan? Kunjungi tempat wisata menarik yang cocok untuk keluarga. Jika Anda pergi bersama anak, hindari ke tempat ekstrim yang dapat membahayakan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan pencarian terlebih dahulu. Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan jasa trip organizer agar perjalanan Anda lebih terjamin.

2. Membuat rancangan keuangan

Anda tidak mungkin pergi tanpa uang, bukan? Semua orang yang melakukan perjalanan, membutuhkan uang untuk mewujudkan liburan bersama keluarga. Buat rencana liburan Anda satu atau dua bulan sebelumnya. Dengan demikian Anda dapat memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Jadi, Anda dapat dengan mudah menabung untuk mencukupi biaya tersebut.

3. Destinasi tempat lokal

Banyak orang beranggapan bahwa pergi liburan hanya akan menyenangkan jika pergi ke luar negeri. Padahal banyak tempat di Indonesia yang tidak kalah menakjubkan dengan tempat luar negeri. Anda dapat menikmati keindahan tempat wisata menarik tanpa harus pergi ke luar negeri. Selain itu, dengan pergi ke tempat wisata lokal, Anda juga meminimalkan biaya pengeluaran. Lihatlah tempat tersebut dari sudut pandang turis, tentu Anda akan merasa takjub dan kagum akan keindahan tersebut. Jika Anda sudah membiasakan diri membawa anak liburan di tempat lokal, cobalah untuk liburan ke tempat yang lebih jauh. Kemudian pergi ke luar negeri. Dengan berlatih ke tempat lokal, Anda sudah belajar untuk merasakan betapa nyamannya pergi liburan.

4. Fokus pada perjalanan

Sebagai orangtua, keperluan anak menjadi yang utama ketika melakukan liburan. Memang benar demikian, tetapi jangan terlalu memusingkan hal tersebut. Ketika Anda terlalu memikirkan hal apa saja yang harus dibawa, Anda bisa saja membawa barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan anak. Hargai kesempatan Anda berlibur bersama keluarga, karena kenangan tidak akan kembali lagi. Berikut hal yang Anda perlukan untuk kebutuhan anak:

  • Obat-obatan, pastikan Anda membawa obat-obatan untuk anak. Termasuk obat demam, flu, sakit perut, dan obat untuk luka luar. Anda tidak tahu apa yang akan terjadi. Tetapi lebih baik bersiap-siap daripada tidak mengetahui apa yang harus dilakukan ketika anak sakit.
  • Air minum, pastikan botol air minum anak terisi. Anda tidak bisa selalu membeli air minum kemasan kemana pun Anda pergi. Dehidrasi dapat menyerang kapan pun. Lebih baik sediakan minum dalam tas Anda.
  • Pilihan makanan, berbeda daerah berbeda pula makanannya. Ketika Anda mengkhawatirkan anak tidak bisa makan, pilihlah jajanan yang terlihat segar dan sehat. Bila perlu, Anda dapat membawa makanan sendiri untuk anak. Dan pastikan energi anak tetap terjaga.
  • Pakaian yang cukup, pastikan Anda membawa pakaian yang cukup dan sesuai. Jangan membawa pakaian secara berlebihan, karena hanya akan memberatkan perjalanan Anda. Sediakan sedikit ruang tambahan untuk melebihkan sedikit pakaian anak.

5. Pastikan anak selalu dalam pengawasan

Jaga anak tetap berada dekat Anda, jangan biarkan anak pergi sendiri. Kejadian apa pun dapat terjadi sekejap walau hanya dengan kedipan mata. Jadi pastikan Anda selalu menjaga anak dekat dengan Anda. Batasi anak ke tempat yang mereka bisa pergi dan tidak bisa. Namun, bukan berarti Anda juga membatasi komunikasi anak dengan orang asing. Ijinkan anak mengembangkan keterampilan sosialnya dan berinteraksi dengan orang lain. Dan pastikan juga tetap berada dalam pengawasan Anda secara tidak berlebihan.

6. Waspada terhadap cuaca

Perubahan cuara seringkali menjadi penghalang ketika melakukan liburan. Anda dapat mencegahnya dengan waspada terhadap perubahan cuaca. Ketika cuaca panas, jaga anak agar tidak terlalu lama terkena sinar matahari secara langsung yang dapat membuatnya sakit. Sediakan payung atau topi untuk menjaga mereka tetap dalam suhu yang tidak terlalu panas. Ketika cuaca mendung, juga sediakan payung. Anda tidak dapat menebak kapan hujan akan turun. Jadi, jangan jadikan cuaca sebagai penghalang liburan keluarga. Semuanya tergantung bagaimana Anda menanggapinya.

Demikianlah Tips Merencanakan Liburan Keluarga yang Menyenangkan. Semakin sering Anda pergi berlibur, semakin banyak pengalaman yang bisa Anda dan keluarga dapatkan. Ketika Anda terbiasa liburan dengan keluarga, kecemasan yang muncul diawal akan perlahan menghilang.

Leave a Reply