tugas observasi lingkungan

Tugas Observasi Lingkungan Untuk Siswa, Apa Manfaatnya?

Melakukan tugas observasi lingkungan menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan, terutama oleh sekolah dengan mata pelajaran tertentu. Tugas ini sebetulnya bisa menjadi tugas gabungan dari beberapa mata pelajaran, seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan juga ilmu pengetahuan alam. Anda bisa memberikan atau mengerjakan tugas ini sambil belajar banyak hal.

Mengerjakan tugas observasi lingkungan sangat penting dan memiliki beberapa manfaat. Bahkan tugas ini tidak hanya diberikan kepada anak di usia belia untuk lebih mengenal lingkungan mereka, tapi juga seringkali dilakukan oleh beberapa mahasiswa bahkan instansi ketika mereka akan memulai suatu proyek yang berhubungan dengan lingkungan. Apa saja manfaat dari tugas obeservasi lingkungan?

Manfaat Tugas Observasi Lingkungan

1. Mengenal lingkungan

Salah satu manfaat dari observasi lingkungan adalah anda akan lebih mengenal seperti apa lingkungan di sekitar anda. Dengan mengerjakan tugas ini, anda akan lebih paham mengenai seluk-beluk mengenai lingkungan. Bukan hanya dari penampakan luarnya saja, anda juga akan semakin paham mengenai beberapa hal lain seperti cara menjaganya atau mengatasi beberapa masalah lingkungan.

2. Menemukan berbagai masalah

Dari tugas untuk observasi lingkungan, anda bisa menemukan beberapa masalah yang akan membuat anda menjadi lebih kritis dan lebih kreatif dalam menemukan solusi untuk persoalan. Anda juga akan belajar banyak hal secara tidak langsung ketika mengerjakan tugas soal observasi lingkungan ini.

3. Meningkatkan pengetahuan

Dengan melakukan observasi, anda akan mendapatkan lebih banyak pengetahuan. Observasi dilakukan dengan mendata suatu hal, mencatat dan menilik apa yang ada di sana. Selain beberapa fakta anda juga akan menemukan beberapa masalah, dengan begitu anda akan mencoba mencari cara untuk mengatasinya dan memberikan pengetahuan baru.

Cara Menulis Laporan Observasi Lingkungan

Laporan observasi lingkungan memiliki beberapa struktur yang harus ada dalam teksnya dan berikut adalah beberapa struktur dari laporan observasi.

1. Definisi umum

Bagian pertama pada laporan observasi adalah definisi umum. Di bagian ini berisi pengertian atau konsep dasar dari hal yang diobservasi. Contohnya jika anda melakukan observasi lingkungan, maka pada bagian ini harus ditulis soal definisi atau konsep yang berkaitan dengan lingkungan.

2. Deskripsi bagian

Pada bagian ini berisi tentang hal yang lebih detail tentang konsep atau isi laporan. Anda bisa menuliskan lebih dalam mengenai hal yang diobservasi.

3. Deskripsi manfaat

Pada bagian ini berisi penjelasan manfaat dari objek yang diobservasi. Anda bisa menuliskan tentang manfaat apa yang akan diterima dari hasil observasi ini.

Di atas adalah beberapa penjelasan mulai dari manfaat hingga struktur dari laporan tugas observasi lingkungan. Anda bisa menemukan beberapa manfaat lainnya ketika melakukan tugas observasi. Selain itu anda juga bisa membantu dalam proses penyelamatan lingkungan dengan menjelasakan beberapa masalah dan menemukan solusinya.

About the Author

on Jun 05, 2019

No Comments

Leave a Reply