fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
Sumber: freepik.com

Di tengah pandemi Covid-19, segala kegiatan yang dilakukan di luar ruangan harus dilakukan di dalam rumah. Kita bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, beribadah di dalam rumah, dan masih banyak lagi. Tak jarang, banyak orang yang merasa bosan, namun juga tidak bisa untuk liburan ke luar rumah. Nah, bagi Sobat WS yang merasa jenuh dengan kegiatan itu-itu saja di dalam rumah, Sobat WS bisa mencoba kegiatan virtual tour ke Museum Tekstil Jakarta!

Virtual tour merupakan kegiatan jalan-jalan online mengunjungi berbagai macam tempat. Memang tidak akan memuaskan jalan-jalan secara langsung ke tempatnya. Namun, cukup bisa mengusir penat dengan praktis dan murah. Bagi Sobat WS yang menyukai batik, Sobat bisa berkunjung secara virtual nih ke Museum Tekstil Jakarta!

Di Museum Tekstil Jakarta, Sobat WS bisa melihat berbagai macam batik khas seluruh tempat di Indonesia. Tidak hanya itu, Sobat WS juga bisa melihat kain batik khas negara lain lho. Kain batik yang ada di tempat ini memiliki keunikan tersendiri dari corak dan juga warna yang digunakan.

Koleksi Batik Museum Tekstil Jakarta

Ada berbagai macam koleksi batik yang dipamerkan. Ada batik Ciptoning dengan motif khasnya berupa wayang Arjuna, udeng atau ikat kepala yang hanya digunakan untuk laki-laki, batik bermotif khas Cina dengan gambar naga dan warna merah, dan juga batik khas Arab dengan huruf-huruf Arab yang dibentuk menyerupai gambar atau hewan tertentu.

Masih ada lagi yang menarik lho, yaitu batik khas Papua! Batik dari daerah paling timur Indonesia ini memiliki ciri khas motif berupa gendang, manusia, dan hewan berupa buaya. Warna-warnanya pun cerah, tidak seperti batik biasanya yang berwarna cokelat atau emas saja. Hingga saat ini tercatat ada 1914 buah koleksi kain batik di sana lho!

Sarana Wisata Lainnya

Tidak hanya kain batik, di Museum Tekstil Jakarta terdapat pameran alat-alat untuk membuat batik. Mulai dari canting, lilin, cap batik berbentuk ondel-ondel, dan juga bahan pewarna alami. Bahan-bahan ini direbus terlebih dahulu hingga mengeluarkan warnanya, kemudian kain batik yang telah dilapisi lilin dicelupkan ke dalam air rebusan itu.

Tenang saja, bagi Sobat WS yang ingin berkunjung ke Museum Tekstil Jakarta, Sobat tidak hanya bisa berkunjung ke bagian galeri, namun juga bisa berjalan-jalan ke kebun pewarna alam, perpustakaan, laboratorium, ruang pengenalan wastra, dan toko oleh-oleh.

Virtual tour ke Museum Tekstil Jakarta ini juga cocok diterapkan ke siswa sekolah SD. Selain belajar mengenai kebudayaan Indonesia, para siswa juga bisa diajak berkreasi dengan mewarnai kain yang telah digambar. Selain menambah wawasan, kegiatan ini juga turut meningkatkan kreativitas siswa.

Nah, tertarik pergi ke Museum Tekstil Jakarta? Ikuti saja virtual tour-nya dengan Wisata Sekolah dan dapatkan pengalaman yang tak kalah menyenangkan! Hubungi kami di Instagram @wisatasekolah atau WhatsApp ke nomor 0819-1083-1792.

Leave a Reply