+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

5 Wisata Edukasi Belitung, Cocok untuk Liburan dengan Anak!

Wisata Edukasi Belitung

Kepulauan Bangka Belitung adalah pulau yang punya banyak berbagai macam sumber daya alam yang menakjubkan. Tidak hanya pemandangan dan aktivitas air saja yang indah, tetapi anak dapat menjadikan pulau ini sebagai wisata edukasi Belitung.

Anda bisa mengajak anak atau murid untuk melakukan wisata edukasi di tempat ini dengan baik karena disini banyak spot menarik untuk dikunjungi. Wisata edukasi akan mengajarkan anak tentang pengetahuan tertentu dengan cara yang menyenangkan dan di luar ruangan.

Rekomendasi Wisata Edukasi Belitung

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang populer di Bangka Belitung dan bisa dijadikan sebagai destinasi yang menarik.

1. Museum Timah

Rekomendasi pertama yang akan diberikan adalah museum timah yang termasuk salah satu wisata sejarah yang menarik dikunjungi. Bahkan, tempat wisata tersebut adalah satu-satunya museum timah di Indonesia.

Oleh sebab itu, tidak heran jika tempat wisata ini akhirnya menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang ada. Di museum ini, pengunjung akan dikenalkan dengan berbagai sejarah tentang penambangan timah.

Selain itu, gedung museum ini juga memiliki sejarah karena dahulu digunakan untuk melakukan diplomasi antara pemimpin republik yang diasingkan ke Bangka dengan pemerintah Belanda. Diplomasi ini yang dinamakan sebagai perundingan Roem-Royen di tahun 1949.

2. Komunitas Kelekak

Tempat ini ada di lokasi Hutan Taklok Tuatunu, Pangkalpinang yang ada di 5 km dari pusat kota Bangka Belitung. Di tempat ini termasuk kawasan alam yang eksotis dan menghadirkan budaya lokal yang unik di dalamnya.

Komunitas Kelekak ini memiliki berbagai macam destinasi yang bisa dikunjungi, seperti keindahan alam hutan, rumah tradisional, permainan budaya Bangka, sampai rumah tradisional dan perlengkapan tradisional.

Semua itu bisa Anda pelajari sehingga dapat menambah wawasan tentang budaya di Bangka Belitung. Ada juga bangunan masjid yang menarik mata karena dibuat dari kayu dan memiliki nuansa budaya Bangka.

Tempat wisata ini akan cocok dilakukan untuk kunjungan lapangan atau study tour. Rombongan yang berkunjung disana nantinya akan disuguhkan dengan tarian khas Bangka untuk menyambut kedatangan dari wisatawan. Menariknya, di tempat ini Anda bisa melihat miniatur ka’bah.

3. Gunung Menumbing

Gunung Menumbing ini ada wisata yang bernama Wisma Menumbing untuk dijadikan sebagai sarana edukasi yang menyenangkan.

Wisata edukasi Belitung tersebut adalah tempat dengan situs bersejarah. Ada banyak perlengkapan dari peninggalan presiden pertama Indonesia yaitu Bung Karno. Selain itu, tersedia pula mobil yang digunakan oleh Ir. Soekarno yaitu mobil Fold.

Bagian belakang wisma ini punya berbagai pemandangan yang indah yaitu hamparan hutan yang hijau serta lampu yang menghiasi kota.

4. Bangka Botanical Garden

Jika ingin edukasi dengan tema agrowisata, Bangka Belitung ada tempat favorit yang terletak di kota Pangkal Pinang. Namanya adalah Bangka Botanical Garden atau yang disingkat dengan BBG.

Di tempat ini, pengunjung bisa melihat area hijau dengan luas mencapai 300 hektar. Kawasan agrowisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Anda bisa menikmati suasana sejuk dan pemandangan yang indah.

Dalam konsep edukasinya, pengunjung bisa belajar tentang usaha pertanian, perikanan, dan peternakan dan melakukan praktek secara langsung. Pengetahuan cara bertani dan beternak ini akan diajarkan dengan baik.

Dengan cara ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan semakin mencintai alam. Jika ingin sekalian mengunjungi pantai, bisa berhenti di pantai Pasir Padi yang dekat dengan BBG sehingga gampang dijangkau.

5. Agrowisata Kebun Lada

Taman agrowisata lainnya yang bisa dijadikan wisata edukasi Belitung adalah agrowisata kebun lada. Taman ini ada di daerah pegunungan yang punya iklim sejuk.

Di kawasan ini juga terjaga kelestarian alamnya sehingga cocok dijadikan sebagai healing bersama keluarga atau teman. Tidak lengkap jika hanya menyajikan wisata alam, ada juga wisata edukasi di dalamnya.

Banyak peneliti yang datang ke tempat ini untuk mengetahui penanaman lada dan keunggulan dari jenis tersebut. Tidak hanya peneliti lokal saja, kawasan ini sering didatangi peneliti dari negara lain yaitu Jerman, Malaysia, Jepang, dan lainnya.

Negara ini termasuk importir lada sehingga tidak heran penelitinya datang ke Indonesia untuk mempelajari lada ini yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat sebagai rempah.

Wisata edukasi Belitung ada banyak sehingga bisa dijadikan opsi terbaik untuk berlibur sambil mencari ilmu di luar ruangan. Bagi Anda yang tertarik, silahkan mengunjungi website kami, https://wisatasekolah.com/. Kami berusaha memfasilitasi study tour ke berbagai wilayah Indonesia. 

Leave a Reply