fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
Wisata Edukasi Museum Satria Mandala
Replika pesawat di Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala, museum yang menyimpan sejarah kemerdekaan Republik Indonesia. Merupakan ikon perjuangan bangsa indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Terletak di jl. Gatot Subroto, jakarta memang sengaja dibangun untuk menyimpan dan memberikan pelajaran sejarah yang tidak boleh dilupakan untuk generasi saat ini.

Museum ini dapat dikunjungi oleh umum atau pelajar, karna syarat akan ilmu pengetahuaan
Museum Satria Mandala merupakan salah satu ikon perjuangan Bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaannya. Museum yang terletak di Jl. Gatot Subroto, Jakarta, ini syarat akan sejarah perjuangan TNI (dulu bernama ABRI) dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Museum ini memang dibangun untuk menyimpan, mengabadikan dan memamerkan peristiwa-peristiwa bersejarah serta benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan perjuangan bangsa Indonesia dari sisi pertahanan dan keamanan nasional.
Jangan dulu alergi dengan kata museum, sebab Museum Satria Mandala menawarkan Anda koleksi-koleksi bersejarah yang lekat dengan masa-masa perjuangan. Di museum ini, pengunjung dapat mengunjungi beberapa ruangan seperti Ruang Panji, Ruang Jenderal Soedirman, Ruang Jenderal Oerip Soemoharjo dan sebagainya. Setiap ruangan memiliki benda-benda sejarah tertentu yang berbeda satu sama lain.
Adapun koleksi yang dimiliki oleh Museum Satria Mandala di antaranya berupa naskah bersejarah, diorama, miniatur, foto-foto kejadian penting, dokumentasi, dan berbagai koleksi peralatan perang Indonesia dari masa lalu hingga saat ini seperti rudal, ranjau, meriam, tank, torpedo, bahkan helikopter dan pesawat terbang.
Museum ini juga menyimpan berbagai benda bersejarah seperti jenis senjata berat dan ringan, atribut ketentaraan, serta koleksi panji dan lambang di lingkungan TNI. Yang menarik adalah, di Museum Satria Mandala terdapat tandu yang digunakan untuk mengusung Panglima Besar Jenderal Soedirman saat beliau bergerilya dalam keadaan sakit melawan Belanda pada era 1940-an.
Akses Menuju Museum Satria Mandala  sangat strategis dan mudah diakses dari berbagai sudut kota Jakarta. Museum Satria Mandala berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, berdampingan dengan Kantor Pusat LIPI.

 

Leave a Reply