fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

Wisatasekolah Menyabet Juara II pada Ajang Wonderful Startup Academy Batch II 2019

wonderful startup academy batch II

Dalam rangka menumbuhkan suatu bentuk wirausaha baru pada sektor pariwisata di Indonesia, Kementerian Pariwisata menggelar agenda Wonderful Startup Academy Batch II tahun 2019. Tujuan dari diadakannya ajang ini di antaranya adalah untuk mendorong berkembangnya industri pariwisata digital, khususnya bagi kalangan startup potensial di Indonesia.

Agenda Wonderful Startup Academy Batch II ini tidak hanya digagas oleh Kementerian Pariwisata, namun atas hasil kerja sama antara Kementerian tersebut dengan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah serta International Council For Small Business (ICSB) Indonesia. Kolaborasi ini menjadikan agenda Academy Batch II semakin besar dan diminati oleh banyak startup di Indonesia.

Wisatasekolah yang merupakan startup di bidang School Trip Organizer adalah salah satu peserta yang mengikuti program Wonderful Startup Academy Batch II tersebut. Wisata Sekolah bersaing dengan ratusan peserta startup dibidang pariwisata lainnya dimana jumlah peserta keseluruhan mencapai 309 startup. Peserta-peserta tersebut berasal dari beragam wilayah di Indonesia.

Wisatasekolah Startup di Bidang School Trip Organizer

Setelah mengikuti kompetisi yang cukup berat dengan peserta yang lain, Wisatasekolah yang berasal dari Tangerang Selatan ini berhasil menyabet juara II diajang tersebut. Ini menandakan bahwa Wisatasekolah mengalahkan ratusan peserta lain dari berbagai kawasan di Indonesia. Persiapan dilakukan dengan sangat baik sehingga presentasi yang diberikan oleh Wisatasekolah sangat baik dan maksimal sehingga mendapatkan skor yang tinggi.

Persaingan dengan 10 startup lain selama masa perlombaan tentu saja tidak mudah. Dimana, setiap peserta dari masing-masing start up harus mempresentasikan model bisnisnya di hadapan para juri. Dalam hal ini, terdapat beberapa kriteria penilaian yang disorot. Pertama adalah competitive analysis, kedua customer (market size), ketiga business opportunities dan terakhir adalah future development plan yang mempengaruhi penilaian.

Wisatasekolah Meraih Juara II Mendapat Pendanaan Rp 170 Juta

Kemenangan ini didapatkan oleh Wisatasekolah setelah mengikuti proses inkubasi yang dilaksanakan sejak bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2019. Tahapan inkubasi ini juga diikuti oleh 10 peserta lain yang termasuk kategori 10 besar. Hingga akhirnya ditetapkan sebagai juara II yang berhak mendapatkan pendanaan untuk mengembangkan potensinya di sektor pariwisata digital.

Dari kemenangan tersebut, Wisatasekolah bersama dengan kedua pemenang yang lain akan memperoleh pendanaan sebesar Rp. 170 juta dalam bentuk pembinaan dari Telkom. Di samping itu, juga akan mendapatkan beragam hadiah menarik yang lain seperti Grand Cash dan juga Indigo Investment Value. Ini merupakan kebanggaan dan prestasi tersendiri bagi Wisatasekolah. Karena ini menunjukkan bahwa Wisatasekolah mampu bersaing dengan startup lain.

Dengan prestasi yang diraih, Wisatasekolah tentu berharap dapat mengembangkan startupnya sehingga menjadi lebih baik lagi. Target dari program ini adalah para startup dapat mengembangkan diri sehingga nantinya berhasil menjadi satrtup Unicorn dengan nilai valuasi yang mencapai US$1 Milyar. Target ini bukanlah tanpa alasan, mengingat sektor pariwisata merupakan hal yang potensial untuk dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

Kegiatan Wonderful Startup Academy Batch II tahun 2019 ini mendapatkan support penuh dari berbagai perusahaan, baik perusahaan skala nasional ataupun internasional. Di antaranya adalah Telkom Indonesia, Google, Panorama, Bank BRI dan Bank BNI. Tidak hanya itu, ada juga dukungan lain dari beberapa perusahan seperti, Kolega, Marketeers, Blibli, IMA, Goers, ICSME, Mdigi dan Global Compact Netwok Indonesia.

Prestasi yang membanggakan bagi Wisatasekolah ini dapat dijadikan sebagai batu loncatan agar Wisatasekolah semakin progresif dan meningkatkan kualitasnya di bidang startup pariwisata. Harapannya, prestasi ini juga dapat dijadikan sebagai motivasi untuk startup lain di Indonesia agar lebih maju dan berkembang.

Leave a Reply