fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

fieldtrip 2

Source : wisatasekolah.com

 

Field Trip merupakan salah satu kegiatan parenting yang sering diterapkan di sekolah-sekolah. Nah, field trip yang diadakan oleh sekolah biasanya berbentuk studi lapangan yang dilakukan oleh siswa guna melaksanakan kegiatan belajar diluar sekolah. Dengan kata lain, field trip berarti kunjungan wisata yang dapat menunjang wawasan serta pengetahuan anak dengan berkunjung ke berbagai destinasi edukatif yang telah ditentukan. Bukan hanya sekedar berwisata, anak juga diajak belajar. Misalnya, dengan pergi ke kebun binatang, anak dapat melihat langsung aneka fauna dan bagaimana mereka hidup secara langsung. Namun, tidak semua sekolah dapat menyelenggarakan field trip karena kendala tertentu. Padahal, field trip ini penting sekali, lho, bagi tumbuh kembang anak. Berikut beberapa manfaat yang anak dapatkan dengan mengikuti kegiatan field trip :

 

 

  • Mempertajam Minat Anak

 

 

Anak dinilai akan lebih merasa memahami dan mengetahui minatnya dengan pengalaman secara langsung. Ketika field trip, minat anak untuk belajar lebih meningkat karena dengan melihat sesuatu yang baru akan memunculkan keinginan bertanya dan belajar hal baru. 

 

 

  • Mengenali Lingkungan Dengan Baik

 

 

Belajar diluar kelas membuat anak dapat dengan mudah mengenali lingkungan sekitar, apalagi lingkungan yang baru anak kunjungi. Dengan begitu, anak tidak akan terkejut jika sewaktu-waktu dihadapkan pada perubahan atau sesuatu hal yang baru.

 

 

  • Memperluas Wawasan dan Pengetahuan Anak

 

 

Belajar tidak hanya terbatas di dalam kelas atau lewat buku saja. Terkadang, ada masanya anak merasa jenuh untuk belajar dengan metode itu-itu saja. Field trip dapat menjadi solusi untuk mengurangi kejenuhan anak. Lingkungan luar dapat memberikan informasi yang lebih luas dan pengalaman berharga yang tak dapat ditemukan di sekolah.

 

 

  • Memberikan Pengalaman Nyata Pada Anak

 

 

Metode pembelajaran dengan hanya teori serta gambar-gambar mungkin belum cukup mudah untuk diterima oleh anak. Namun, ketika anak sesekali diajak untuk keluar dari rutinitas yang membosankan, kegiatan tersebut dapat sangat membantu anak mengingat dengan lebih baik. Hal tersebut karena dengan field trip, anak secara langsung disuguhkan keadaan lingkungan luar dan mendapatkan pengalaman secara nyata. 

 

Lantas, tunggu apa lagi? Ajak teman-teman dan gurumu untuk melakukan kegiatan field trip, ya.  Meskipun sedang situasi pandemi seperti ini, ada lho yang namanya virtual field trip yang dilakukan secara daring. Yuk, berwisata sambil belajar bersama Wisata Sekolah! Hubungi kami di Instagram @wisatasekolah, WhatsApp ke nomor 0819-1083-1792, atau nomor telepon 021-7599-9969. Sampai bertemu nanti, Sobat WS!

Leave a Reply