Perhatikan 4 Cara Kreatif Mengajar di Kelas Ini

Tantangan terbesar bagi setiap guru adalah menciptakan cara kreatif mengajar di kelas agar tidak membosankan. Seorang guru memang memiliki beban yang besar untuk bisa mencuri perhatian setiap siswa, dan menyampaikan pembelajaran  secara cukup efektif dan menyenangkan untuk siswa-siswanya di kelas.

Sebagai seorang guru, mencari cara yang kreatif untuk mengajar adalah hal yang harus dilakukan. Seorang guru harus menerapkan ide-ide inovatif untuk membuat pengalaman kelas jauh lebih menyenangkan bagi siswa Anda. Untuk itulah, 4 ide kreatif dan inovatif di bawah ini akan membantu Anda menemukan kembali metode pengajaran yang membuat kelas Anda lebih menarik.

4 Cara Kreatif Mengajar  Anak

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan kelas yang menyenangkan, di antaranya adalah :

1. Bawa Media untuk Merangsang Kreativitas

Bawa beberapa alat atau media untuk merangsang kreativitas anak-anak. Sertakan permainan yang menyenangkan atau bentuk latihan visual yang akan membangkitkan semangat anak-anak dan menarik minat mereka.

Menggunakan alat yang merangsang kreativitas adalah metode yang efektif karena bisa mengidentifikasi kemampuan kreatif setiap siswa. Membawa aspek kreativitas ke dalam semua mata pelajaran Anda, baik itu matematika, sains, atau sejarah adalah cara yang menyenangkan dan tidak membosankan karena Anda mendorong dan mengeksplorasi ide mereka.

2. Membawa Alat Audio dan Video

Membawa materi audio-visual untuk melengkapi buku pelajaran selama sesi mengajar Anda adalah cara yang efektif. Anda bisa membawa film, musik, gambar, infografis, atau alat pemetaan pikiran dan alat pemetaan otak lainnya. Alat-alat seperti itu akan membantu imajinasi siswa tumbuh dan berkembang.

Metode-metode ini tidak hanya akan mengembangkan kemampuan siswa untuk mendengarkan tetapi juga akan membantu mereka memahami konsep dengan lebih baik. Jika Anda memiliki teknologi yang cukup, ada juga sejumlah aplikasi pintar untuk anak-anak yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat tayangan slide atau presentasi.

3. Ajak ke “Dunia Nyata”

Memasukkan pengalaman dunia nyata pada setiap materi yang Anda sampaikan akan membuat momen pengajaran menjadi lebih menyenangkan dan memperkaya pembelajaran di kelas.

Bergaul dan berdemonstrasi melalui situasi kehidupan nyata akan membuat materi mudah dipahami dan mudah dipelajari. Cara ini akan memicu minat mereka dan membuat anak-anak bersemangat mendengarkan dan mempraktekkan.

4. Brainstorming

Luangkan waktu untuk sesi saling mengungkapkan pendapat di ruang kelas Anda. Sesi ini adalah cara yang bagus untuk membuat kreatifitas pendapat mengalir. Brainstrorming adalah sesi yang membuat anak-anak berfokus mendapatkan banyak ide dan juga akan melibatkan semua siswa berdiskusi.

Sesi-sesi ini akan menjadi media  yang hebat bagi siswa untuk menyuarakan pemikiran mereka tanpa harus khawatir tentang benar atau salah. Tetapkan beberapa aturan dasar sebelum Anda memulai cara. Anda dapat melakukan brainstorming sederhana atau brainstorming kelompok atau brainstorming berpasangan

Bagaimana apakah 4 cara kreatif mengajar  di atas terlalu sulit untuk dilakukan? semua tidak ada yang sulit selama mau mencoba dan berusaha

About the Author

on May 18, 2019

No Comments

Leave a Reply