fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

Rasakan Kentalnya Budaya Jawa melalui Yogyakarta Heritage Tour ala Wisata Sekolah

Wisata Budaya Jawa melalui Yogyakarta Heritage Tour

 

Yogyakarta punya pesona tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya. Berbagai destinasi menarik menghiasi tiap sudut kota ini. Mulai dari destinasi wisata hingga kuliner semuanya lengkap ada di Yogya. Yogyakarta juga terkenal dengan budaya Jawanya yang sangat kental, jadi nggak heran kalau kota ini dijuluki “Pusat Budaya Jawa”. Mengunjungi berbagai candi yang punya nilai historis tinggi sampai main ke “the one and only” Malioboro bisa jadi rekomendasi perjalanan kamu di Yogyakarta. Yuk intip destinasi menarik berikut ini!

 

Candi Borobudur dan Prambanan

Yogyakarta punya berbagai bangunan dan spot bersejarah keren yang sayang banget kalau dilewatkan. Candi Borobudur dan Prambanan mungkin jadi tempat yang pertama kali kamu pikirkan kalau berkunjung ke Yogyakarta. Merupakan destinasi “seribu umat”, Candi Borobudur akan memancing kamu mengeksplor kemegahan bangunan peninggalan Budha terbesar dari zaman Dinasti Shailendra ini melalui berbagai relief yang terdapat di berbagai sudut bangunan. Memiliki 3 zona bagian luar yakni Kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu membuat pengunjung belajar memahami tentang prinsip duniawi dan alam semesta.

Berbeda dari Borobudur, Candi Prambanan adalah candi peninggalan Hindu yang diperkirakan dibangun dari abad ke-9. Terdiri dari halaman luar dan tiga pelataran yakni Jaba, Tengahan dan Njeron, Prambanan memiliki berbagai candi yang masih kokoh menghiasi bangunan ini dengan 3 yang paling terkenal diantaranya adalah Wisnu, Garuda dan Syiwa. Candi Prambanan juga kental dengan legenda kisah Ramayana.

 

Kampung Wisata Taman Sari

Taman Sari yang dikenal sebagai Water Castle atau tempat pemandian permaisuri keraton sudah ada sejak abad ke-18 dan merupakan bagian dari Kesultanan Yogyakarta. Karena menjadi bekas pemandian para permaisuri, bangunan yang memiliki arsitektur campuran Eropa dan Jawa ini sangat mencolok karena indah dan cantik banget, lho. Buat kamu yang suka arsitektur bangunan bersejarah yang unik, wajib hukumnya main ke Taman Sari. Karena selain punya kolam pemandian dan gapura yang estetik, ada pula masjid bawah tanah yang konon dibangun hanya menggunakan putih telur, lho!

 

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keberadaan Keraton Yogyakarta dan sistem pemerintahannya yang masih aktif hingga saat ini menjadi daya tarik khusus kota Yogyakarta. Berkunjung ke Keraton akan menjadi pengalaman menarik karena pengunjung dapat merasakan suasana kental khas Jawa yang masih dilestarikan melalui berbagai barang peninggalan keraton dan kegiatan sehari-hari dalam area tersebut. Sampai saat ini, Keraton Yogyakarta juga masih sering mengadakan berbagai pagelaran salah satunya perayaan Hajad Dalem Garebeg Sawal dan rangkaian perayaan hari kelahiran Sultan yakni Wiyosan Dalem. Kalau beruntung, kamu dapat menyaksikan pagelaran acara keraton secara langsung, lho.

 

“One and Only” Malioboro

Wisata kuliner? Ada. Nyari souvenir dan oleh-oleh? Banyak. Atau cuma mau jalan-jalan santai? Bisa banget. Malioboro punya pesona tersendiri yang bikin pengunjung betah lama-lama, nggak heran kalau tiap main kesini pasti selalu rame. Selain refreshing, kawasan Malioboro punya destinasi sejarah menarik untuk dijelajahi seperti Benteng Vredeburg, Museum Sonobudoyo sampe Monumen Serangan Umum 1 Maret.

 

Gimana? Yogya istimewa, kan? Yuk, rencanakan kunjunganmu dengan Yogyakarta Heritage Tour dari Wisata Sekolah! Hubungi kamu di instagram @wisatasekolah, Whatsapp di 0819-1083-1792 atau bisa juga melalui 021-7599 9969.

Leave a Reply