fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

Museum De Tjolomadoe : Ketika Masa Lalu dan Masa Kini Bertemu

Wisata Solo Museum De Tjolomadoe

Sumber : Instagram @detjolomade_official (https://www.instagram.com/detjolomadoe_official/?hl=id)

Surakarta, atau yang lebih dikenal dengan Solo, punya segudang destinasi menarik, lho. Mulai dari objek wisata yang kental dengan sejarah dan budaya Jawa sampai wisata kekinian dan instagramable. Berawal dari Pabrik Gula Colomadu, Museum De Tjolomadoe adalah destinasi yang tercipta dari kombinasi sejarah masa lalu dan kecanggihan masa kini. Penasaran gimana jadinya pabrik gula yang disulap jadi destinasi wisata atraktif?

 

Museum Pabrik Gula Atraktif

Terletak di kabupaten Karanganyar, Solo, De Tjolomadoe yang baru diresmikan pada tahun 2018 ini sukses menarik perhatian masyarakat lokal maupun luar daerah berkat transformasi yang dilakukan pada Pabrik Gula Colomadu. Terdapat 5 stasiun yang bertransformasi menjadi corner De Tjolomadoe yakni St. Gilingan, St. Penguapan, St. Karbonatasi, St. Betali dan St. Ketelan Museum Pabrik Gula De Tjolomadoe merupakan magnet utama destinasi wisata ini. Museum yang berasal dari St. Gilingan ini memamerkan alat penghasil gula pada zaman dulu yang dipoles dan dirawat sehingga masih awet dan asli. Di Museum De Tjolomadoe, pengunjung dapat mempelajari sejarah dan proses pembuatan gula melalui Diorama Mesin Gilingan dan mesin-mesin Pabrik Gula Colomadu yang dipamerkan.

 

Cafe dan Angkringan “Goela” yang Vintage

Selain terdapat museum yang menjadi objek wisata utama, De Tjolomadoe menyediakan outlet-outlet seni dan kerajinan untuk mendukung UMKM lokal serta melestarikan budaya melalui produk yang dijual, seperti lukisan, batik, dan sebagainya. Lokasi outlet seni dan kerajinan ini merupakan transformasi dari St. Penguapan Pabrik Colomadu yang direnovasi kembali sedemikian rupa. Berasal dari St. Besali dan Ketelan, magnet unik lain dari De Tjolomadoe adalah keberadaan Cafe dan Angkringan Goela yang merupakan food court atau gerai makanan yang menawarkan berbagai makanan western maupun lokal dan mengusung konsep vintage ala zaman dahulu lengkap dengan sepeda ontel dan ornamen pendukung lainnya.

 

Convention Hall Bertaraf Internasional

Selain dikenal dengan museum atraktifnya, De Tjolomadoe juga memiliki convention hall bertaraf internasional yang sudah menjadi venue langganan untuk event kesenian dan budaya di Solo. Mulai dari konser, seminar hingga pernikahan dapat diselenggarakan di De Tjolomadoe Hall. Meskipun telah direnovasi sedemikian rupa, De Tjolomadoe tetap menonjolkan sisi kolonial khas Belanda yang dimilikinya. Terbukti dengan lahan bangunan 6,4 hektar, pengunjung dapat bebas mencari spot foto instagramable khas kota tua di berbagai penjuru De Tjolomadoe.

“Colomadu mungkin telah berhenti beroperasi menghasilkan sebuah produk, namun De Tjolomadoe hadir layaknya manisnya kejayaan pabrik gula kala itu dan siap menghasilkan lembaran baru cerita budaya di Indonesia.”

Tertarik untuk mengunjungi serunya destinasi De Tjolomadoe, Solo? Yuk, rencanakan perjalanan wisata kamu bareng Wisata Sekolah dengan menghubungi kami di instagram @wisatasekolah, Whatsapp di 0819 1083 1792 atau 021-7599 9969.

 

Referensi : Instagram dan Youtube Channel De Tjolomadoe

Leave a Reply