fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

Siapa yang tidak kenal dengan Institut Pertanian Bogor (IPB)? Salah satu kampus besar di Indonesia ini ternyata memiliki tempat wisata yang menggabungkan unsur pertanian, pendidikan, dan wisata bermain lho. IPB mempunyai tempat bernama Agroedutourism (AET) yang telah didirikan sejak tahun 2005.

Wisata edukasi di IPB ini tidak hanya memberikan pengetahuan terkait pertanian, namun juga memberikan spot-spot foto cantik, pengalaman yang unik, dan mengenalkan model pengelolaan agribisnis hortikultura.

Sobat WS dapat berkunjung ke berbagai macam tempat yang telah disediakan, antara lain:

  • Kebun Instalasi Tanaman Obat Biofarmaka

Di dalam kebun ini, Sobat WS bisa mengenal dan berkeliling ke kebun yang memiliki berbagai jenis tanaman obat. Selain dapat melihat langsung, Sobat WS juga mendapatkan pengetahuan baru dengan mengetahui manfaat tanaman-tanaman tersebut. Sobat WS juga dapat melihat berbagai macam produk olahan tanaman obat dan langsung praktik menanam tanaman obat tersebut.

  • Kultur Jaringan (Bioteknologi Tanaman)

Kenali lebih dalam terkait teknik kultur jaringan tanaman. Sobat WS akan mendapatkan pelatihan sekaligus praktik langsung menerapkan kultur jaringan untuk tanaman hias dan sayuran. Selain itu, Sobat WS juga bisa membuat berbagai macam kreasi tanaman dengan teknik ini lho. 

  • Kreatifitas Tanaman Hias Kokedama

Ada yang tahu tanaman hias kokedama? Jika belum, langsung saja berkunjung ke IPB. Sobat WS akan mendapatkan materi tentang tanaman hias, demo pembuatan kokedama, dan langsung praktik membuatnya! Seru banget kan!

  • Forestry Outbond

Outbond sambil belajar hal baru? Tentu saja bisa! Dengan berkunjung ke Agroedutourism IPB, Sobat WS dapat berwisata outbond di hutan-hutan IPB. Terdapat banyak jenis hutan di sana, yaitu hutan bambu, hutan sengon, dan hutan tropika campuran.

  • Botani Mart

Di dalam Botani Mart, Sobat WS bisa berkeliling kebun dan mengenal berbagai macam bibit, tabulampot tanaman buah, tanaman hias, dan tanaman obat. Selain mengenal berbagai jenis tanaman, Sobat WS juga bisa mempelajari budidaya lebah trigona, memancing ikan nila merah, dan berinteraksi langsung dengan kelinci, bebek, dan angsa.

Nah, selain lima tempat di atas, Agroedutourism IPB juga menyediakan berbagai macam kegiatan lainnya, seperti Kebun Percobaan Cikabayan, Museum Serangga, Tour De Farm, Sampah dan Daur Ulang, Desain Taman Lanskap, Penangkaran Kupu-Kupu, Membuat Boneka Horta, dan masih banyak yang lainnya! Banyak sekali kan pilihan aktivitas yang dapat kita lakukan di Agroedutourism IPB? Pastinya Sobat WS tidak akan kehabisan ide harus pergi ke mana dan sangat puas jika bermain ke sana. 

Wisata Sekolah juga menyediakan program paket ke Agroedutourism IPB lho. Info lebih lanjut terkait program bisa menghubungi Instagram Wisata Sekolah di @wisatasekolah atau WhatsApp ke 0819-1083-1792. Selamat berwisata, Sobat WS!

Leave a Reply